Cara Seo, Belajar Blog, Bisnis Online, dan Seputar Internet Terbaru

Cara Membuat Kategori Di Blogger (Blogspot)

Membuat kategori Label di bogger atau blogspot beda dengan anda saat membuat kategori di blog builder lainnya seperti MyWapBlog karena jika di Mywapblog kita sudah disediakan menu penambahan Kategori, namun jika di blogger tidak ada menu kategori melainkan sebuah menuuntuk penambahan Label.

Sebelum anda jauh membaca tutorial ini sebaiknya persiapkan dahulu blog dari blogger anda yang baru anda buat, jika belum punya silahkan buat dulu blog dari blogger mudah kok, buat dulu baru baca artikel ini, hehe. Dulu waktu pertama ngeblog di blogspot admin juga sedikit bingung tentang kembuatan kategori di blogger , karena admin sebelumnya dari platform tetangga, yang pasti yang sama sama gratis, hehe. Ya begitulah kelola yang gratis tapi dapatnya harus yang fantastis biar hidup selalu meringis, ups bukan gila tapi ya.

Tenang buat kategori di blogspot kaga sulit kok jadi mari kita ngopi dulu sambil berdo’a semoga cepet bisa buat kategori di blogger, hehe,, memang sih kalo anda pemula di blogger pasti pusingnya minta ampun bikin kategori, sampai sampai cari di google cara membuat kategori blog di blogger eh yang dimunculkan pertama blog ini (ngarep). Udah ngarep aja kadang gak sesuai keinginan apalagi gak ngarep. Hahaha

Menurut Carainyong.com Kategori merupakan berbagai  jenis yang berbeda dan di kelompokan tiap masing masing jenisnya, itu yang umum kalo kategori pada blog ya udah jelas buat ngumpulin artikel biar gak berantakan, misal blog anda membahas tentang Blog dan Seo seperti blog ini, nah kategori itu berfungsi membedakan antara postingan tutorial  mendapat uang dari blog dengan tutorial agar blog seo di mesin pencari. Dimana tutorial mendapaat uang dari blog dimasukan ke kategori BISNIS dan tutorial agarblog seo di mesin pencari dimasukan ke kategori SEO.

Membuat kategori sangat menguntungkan pada blog selain agar artikel hasil postingan tidak berantakan, hal ini juga memudahkan pengunjung mencari artikel di blog kita dan juga perlu anda ketahui kategori dalam blog sangat berperan besar dalam seo anda, jadi jika anda mau membuat kategori pada blog apapun itu sebaiknya pikirkan dulu secara matang matang agar jika sudah kita buat tidak kita edit lagi nama kategorinya. Memang sih kelihatannya sepele namun kenyatannya jikaanda menghapus kategori atau mengedit namanya hal itu akan mempengaruhi perayapan blog anda karena url kategori yang anda sebelumnya yang jikan anda hapus atau edit menjadi not found di mesin pencari.

Oke lanjut ke topik membuat kategori di blogger caranya mudah, dalam blogger atau blogspot tidak ada tulisan menu Kategori melainkan dalam tulisan Label. Menu label tersebut terdapat di samping kiri Menu postingan yaitu saat anda sedang menulis artikel di blogger penempatan Label disebelah kiri menu artikel blogger, menu label tersebut seperti gambar di bawah ini.

menu-label-blogger

Itu masih kosong silahkan tulis artikel yang mau buat postingan anda, jika sudah selesai nulisnya silahkan klik tulisan Label di sebelah kiri menu artikel, silahkan masukan atau tulis kategori yang anda ingin misal seperti gambar dibawah ini admin pakai kategori dengan nama blog, blogger, news maka admin tulis di menu Label dengan jeda tanda koma (,).

pengisian-nama-pada-label-blog

Itu jika anda baru membuat kategori, namun untuk postingan selanjunya jika nama kategori atau label sama seperti sebelumnya anda taklagi menulisnya cukup klik Menu Label dan Plih nama label yang sudah anda tulis sebelumnya. Anda hanya menulis Label baru jika di menu label belum ada.
menentukan-kategori-setiap-postingan-terbaru

5 komentar:

  1. Cara membuat Kategori sangat Simple ya tapi sangat bermanfaat utk mengkategorikan artikel :D

    ReplyDelete
  2. iya anda benar sekali karena dengan membuat kategori artikel menjadi terkumpul rapi dan juga memudahkan pengunjung mencari artikel

    ReplyDelete
  3. iya anda benar sekali karena dengan membuat kategori artikel menjadi terkumpul rapi dan juga memudahkan pengunjung mencari artikel

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete